Headlines News :

Home » » Tips : Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Beraktifitas

Tips : Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Beraktifitas

Written By Unknown on Senin, 10 Desember 2012 | 06.55

Tips : Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Beraktifitas
Mengantuk dan sering menguap ketika sedang beraktifitas hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Kurangnya tidur saat malam sering dijadikan alasan oleh sebagian orang. Memang mengantuk adalah hal yang alamiah dan wajar, tapi jika terus berlangsung selama Anda beraktifitas itu dapat mengganggu performa Anda. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi atau penyebab yang memicu ngantuk yang berlebih.

Ada beberapa tips agar Anda terhindar dari ngantuk yang berlebih, diantaranya yaitu :

1. Minum teh hijau
Kopi sering dijadikan solusi pencegah kantuk. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasan minum kopi dengan meminum teh hijau. Di dalam kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Teh yang berasal dari Negri Cina itu juga mempunyai khasiat yang sama yaitu dapat meningkatkan kewaspadaan kerja.

2. Berdiri dari kursi
Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh terasa pegal dan letih sehingga memicu rasa kantuk. Untuk menghindari kelelahan, ada baiknya Anda rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan –jalan sejenak.

3. Tidur selama beberapa menit
Rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut terjadi karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja dan beraktifitas justru akan membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dan aktifitas Anda dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya Anda turuti tanda dari tubuh tersebut dengan tidur selama beberapa menit di tempat yang tenang guna melancarkan otot-otot Anda.

4. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata Anda menjadi lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

5. Nyemil
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri, permen dan yogurt serta segenggam kacang-kacangan atau buah segar.

6. Ngobrol dengan rekan kerja
Jika Anda tidak konsentrasi, cobalah ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. Bicaralah dengan rekan Anda tentang sesuatu yang menarik.

7. Buat tempat beraktifitas Anda lebih terang
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

8. Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung,menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

9. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi
Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhentilah setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

10. Minum air putih
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Tips : Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Beraktifitas

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 

Copyright © 2011. Leny Blogs - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger