Headlines News :

Home » » Tips : Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Tips : Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Written By Unknown on Sabtu, 24 November 2012 | 06.13

Tips : Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan
Akhir-akhir ini curah hujan sangatlah tinggi, bahkan hampir setiap hari hujan melanda di berbagai wilayah khususnya di Indonesia. Di musim hujan berbagai jenis penyakit sering bermunculan seperti contohnya penyakit demam berdarah, muntaber, gatal-gatal dan lain sebagainya. Selain penyakit di musim hujan juga sering terjadi kecelakaaan dan kerusakan misalnya pohon rebah, kosletnya kabel listrik, banjir,dan lail-lain. Hal tersebut terjadi karena di akibatkan dari kurangnya persiapan dalam menghadapi musim hujan dan tidak adanya perhatian dan kesadaran tentang kebersihan terutama kebersihan rumah yang setiap harinya kita tempati dan juga lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi maka kita perlu melakukan perawatan dan pembersihan di sekitar tempat tinggal kita terutama di rumah kita sendiri. Berikut beberapa cara perawatan terhadap rumah di saat musim hujan agar tetap sehat dan indah :

• Cek atau periksa bagian atap rumah sebelum musim hujan tiba, jika ada atap yang retak atau bergeser segeralah perbaiki, jangan sampai saat musim hujan tiba atap / genting rumah anda bocor, jika hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan rumah anda menjadi becek.

• Dinding rumah yang terkena langsung air hujan harus menggunakan lapisan cat yang weather coat (weathershield), jika menggunakan lapisan cat biasa maka akan rawan lembab, dan lama-lama akan mengelupas.

• Bersihkan saluran drainase dari sampah agar tidak terjadi sumbatan, cek juga ukuran pipa saluran pembuangan air sehingga cukup sebagai penghantar air, pipa yang digunakan diusahakan harus dipasaang miring agar tidak terjadi genangan air,

• Cek dan perhatikan bahan yang digunakan untuk lantai teras rumah hendaknya memakai material penutup lantai yang untuk outdoor , jika keramik pakailah keramik yang berjenis kasar, sehingga saat musim hujan bagian lantai yang terkena air tidak akan mudah terpeleset.

• Cek kabel-kabel yang bersentuhan dengan air hujan langsung, usahakan agar pemasangan aman dan jangan ada bagian yang terbuka atau terkelupas sebab itu bisa nengakibatkan listrik menjadi koslet.

• Perlu adanya pemangkasan tajuk dan ranting yang sudah terlalu rimbun, sebab pada kondisi hujan beban sebuah tanaman menjadi lebih berat di bagian atas karena terjadi penumpukan air sedangkan tanah yang ditempati oleh tanaman tersebut menjadi gembur karena menyerap banyak air sehingga lama kelamaan pohon tersebut akan rebah.

Mudah kan???
ayo mulai dari sekarang mari kita gotong royong untuk menjaga dan merawat lingkungan tempat tinggal kita agar tetap sehat dan indah. Sehat itu nyaman lho !!!

RUMAH KU ISTANA KU ....!!!
Tips : Cara Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang
Share this article :

2 komentar:

  1. siappp.,., terimakasih artikelnya bagus,., rumahku istanaku

    BalasHapus
  2. horeeee,,,,artikel ku ada yang muji..hee
    sama-sama.. :)

    BalasHapus

 

Copyright © 2011. Leny Blogs - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger