Headlines News :

Home » » Khasiat Melati Bagi Kesehatan

Khasiat Melati Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Minggu, 25 November 2012 | 05.14

Khasiat Melati Bagi Kesehatan
Siapa yang tak kenal dengan bunga melati atau dalam bahasa latin di sebut dengan yasminum sambac ? Bunganya yang indah dan baunya yang khas menjadi daya tarik tersendiri terhadap bunga ini. Warnanya yang putih berseri sering kali dilambangkan sebagai kesucian oleh banyak orang. Bunga melati dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur, tanaman melati harus cukup mendapatkan sinar matahari.

Bagi kebanyakan orang bunga melati sering dimanfaatkan sebagai hiasan di rumah atau pekarangan, dijadikan pagar-pagar rumah, dijadikan parfum yang sangat harum, dan lain-lain, tetapi selain itu ternyata bunga melati memiliki manfaat atau khasiat untuk kesehatan.

Benarkah demikian ?

Ternyata setelah dilakukan penelitian terbukti bahwa bunga melati memang memiliki khasiat untuk kesehatan, alasannya karena didalam tanaman melati terdapat beberapa kandungan kimia diantaranya livalylacetaat, benzyldan indol.

Bagaimana cara mendapatkan khasiat bunga melati tersebut untuk berbagai pengobatan? Tentu saja harus dengan pengolahan menjadi ramuan tradisional yang kemudian dibasuh ataupun diminumkan. Berikut ini khasiat dari tanaman melati dan cara penggunaannya :

-Demam berdarah, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu rebus 6 lembar daun melati dan 1 gram belimbing dalam 240 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

-Demam dan sakit kepala, bagian melati yang digunakan adalah bagian daun dan bunganya, langkah kerjanya yaitu ambil 1 genggam daun melati dan 1 kuntum bunga melati lalu di remas – remas dengan tangan, kemudian rendam dengan air dalam rantang,air sarinya dikompreskan.

-Sakit mata, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

-Radang Usus, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil satu genggam daun melati poncosuda atau melati hutan, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

-Radang Ginjal, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil 15 gram daun kering melati poncosuda atau melati hutan, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

-Sesak napas, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil 20 lembar daun melati dan garam secukupnya. Rebus 20 lembar daun melati dan garam dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa setengahnya dan disaring, lalu oleskan di sekitar dada setiap pagi sebelum mandi di bagian dada anda.

-Menghentikan ASI yang keluar berlebihan, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di sekitar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

-Bengkak akibat sengatan lebah, bagian melati yang digunakan adalah bagian daunnya, langkah kerjanya yaitu ambil 1 genggam melati lalu remas – remas dengan tangan sampai halus, tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.

-Demam, Pilek, dan Diare, bagian melati yang digunakan adalah bagian bunganya, langkah kerjanya yaitu ambil bunga melati 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, lalu cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Minum satu hari sekali selama 3-7 hari.

Semoga bermanfaat !!!

Khasiat Melati Bagi Kesehatan
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 

Copyright © 2011. Leny Blogs - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger